6 Cara Menjadi Content Creator yang Sukses

content creator

sumber : www.freepik.com

Content creator merupakan salah satu profesi terbaru saat ini yang sangat diminati terutama oleh anak muda. Bagaimana tidak, profesi ini cukup menjanjikan dari segi penghasilan dan juga dapat meningkatkan popularitas. Siapapun bisa berpeluang menjadi content creator, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa karena umumnya memiliki pasar masing-masing.

 Ada banyak hal pula yang bisa dijadikan konten mulai dari kehidupan sehari-hari, sampai konten dengan berbagai tema. Meskipun banyak orang ingin menjadi konten kreator, namun membuat konten dan menjadi seorang konten kreator yang sukses tidak mudah. Apa saja yang harus dipahami agar bisa menjadi seorang konten kreator yang sukses di Indonesia?

 

Cara Menjadi Content Creator

 Untuk menjadi konten kreator, berikut ini beberapa hal yang bisa Anda coba lakukan agar sukses pada bidang profesi satu ini.

1.  Menentukan Tema atau Topik Terlebih Dahulu

 Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan menentukan tema atau topik terlebih dahulu, sesuaikan dengan minat dan bakat Anda. Misalnya apakah Anda ingin membuat konten dengan tema kehidupan sehari-hari, konten lucu atau konten parodi, konten memasak, tutorial dan masih banyak lagi.

Kemudian yang tidak kalah penting adalah musik latar yang dipilih. Saat ini untuk membuat konten video Anda mudah ditemukan adalah dengan memilih musik latar yang sedang viral atau sedang disukai oleh banyak orang. Hal ini akan membuat konten Anda mudah ditemukan oleh audiens. Pastikan juga untuk mengunggah video sesuai topik berkaitan rutin dan konsisten. Ini terbilang cukup baik untuk membuat Anda menjadi content creator yang sukses bahkan bukan tidak mungkin jadi terkenal.

 2. Ikuti Tren

Menjadi seorang konten kreator, maka Anda juga harus mengikuti tren yang sedang berlangsung. Karena ada banyak sekali video viral yang bisa Anda jadikan inspirasi, namun pastikan memilih video yang memang positif bukan malah cari sensasi.

Baca Juga :  Pahami Investasi Yang Aman di DepositoBPR by Komunal

Jika sudah mengikuti tren, maka pastikan musik atau lagu yang disediakan yang sedang viral atau ramai digunakan oleh creator lainnya. Dengan mengikuti trend maka konten Anda juga akan naik bersamaan dengan konten-konten lainnya.

 3. Interaksi dengan Kreator Lain

Berikutnya, yang perlu Anda lakukan sebagai konten kreator adalah memperluas jaringan dengan berinteraksi atau bahkan berteman dengan para konten kreator lainnya. Caranya tentu saja dengan meninggalkan komentar atau memberikan tanda like dan bagikan video kreator lain di sosial media Anda.

Jangan lupa pula menandai nama kreator tersebut sebagai bentuk apresiasi. Cara ini juga cukup efektif untuk membuat kehadiran Anda diperhatikan banyak orang sehingga menaikkan interaksi dan Anda bisa dikenal lebih luas oleh para audience yang lebih mudah menemukan video Anda.

 4. Buat Video Original dan Menarik

 Sebagai content creator tentu saja Anda harus membuat video original meski sebenarnya tidak ada konten yang benar-benar asli adanya adalah video yang terinspirasi dari konten sebelumnya. Namun pastikan membuat video original yang tidak menjiplak sepenuhnya dari konten lain melainkan menerapkan metode ATM. ATM sendiri merupakan metode amati, tiru dan modifikasi.

 Pastikan video atau konten Anda juga menarik dan punya ciri khas tersendiri. Karena sudah pasti setiap orang memiliki gaya masing-masing jadi pastikan video Anda punya karakter sendiri dan pastikan juga karakter tersebut kuat. Memiliki karakter yang kuat, maka Anda punya tempat di hati para penonton sehingga konten Anda akan ditonton terus dan tidak akan pernah bosan.

5. Berinteraksi dengan Penonton

Rajin berinteraksi dengan para content creator dapat membangun jaringan, selain itu tentu Anda juga harus berinteraksi dengan para penonton untuk membangun keterlibatan dan hubungan yang lebih dekat dengan para audiens. Bahkan Anda bisa membuat konten yang isinya mengajak penonton untuk berpartisipasi dalam diskusi.

Baca Juga :  Tips Desain dengan Canva: Kreativitas Seru untuk Anda

Atau melibatkan para penonton untuk memberikan ide atau masukan untuk konten video selanjutnya. Cara ini bisa dipastikan dapat meningkatkan para penonton dan juga membantu Anda yang sedang buntu atau bingung dengan ide video kedepannya. Melibatkan para penonton juga akan membuat mereka merasa dihargai dan bukan tidak mungkin malah menjadi salah satu penonton setia dari video atau konten yang Anda buat kedepannya. 

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk menjadi konten kreator sukses, salah satunya dengan memilih platform yang tepat. Anda juga bisa memilih platform Shopee untuk membuat konten video sambil promosikan produk. Anda bisa sekalian mengajak penonton untuk membeli produk incarannya di Shopee Video yang Anda buat, sekalian Anda bisa mendapatkan komisi dari jalur Shopee Affiliate.

Para pembeli dapat Belanja Murah di Shopee Video dan juga bisa mendapatkan cashback 40 persen setiap hari. Untuk pilihan pembayaran, pastikan memilih fitur COD cash on delivery, terlebih bagi Anda yang suka belanja dengan dana tunai. Lakukan COD Cek Dulu di Shopee untuk memanfaatkan fitur pembayaran ini.

MGID

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *