Apa Itu Plat Perforated? Ini Penjelasan dan Ukurannya

plat perforated

Di antara berbagai jenis pagar, pagar perforasi merupakan salah satu yang populer digunakan saat ini. Pagar perforasi adalah pagar yang terbuat dari plat besi perforated. Jenis pagar perforasi memiliki ciri khas lubang-lubang kecil pada permukaan plat besinya. Ukuran lubang plat perforated pun berbeda-beda.

Bukan semata-mata untuk variasi desain saja, namun lubang pada pagar perforasi memiliki fungsi tersendiri. Biasanya, pagar perforasi diusung untuk mempercantik rumah model minimalis modern. Ingin tahu lebih lanjut tentang plat perforated yang digunakan sebagai bahan pembuatan pagar perforasi? Berikut ulasan lengkapnya.

Pengertian Plat Perforated

Plat perforated atau disebut juga plat perforasi merupakan jenis plat besi yang didesain berlubang-lubang dengan teratur di seluruh permukaannya. Lubang plat perforated bervariasi, tergantung bentuk dan ukuran yang dibutuhkan pada aplikasi dan desain yang diinginkan.

Plat perforated dibuat dengan teknik pemotongan atau penembusan untuk menghasilkan pola atau motif lubang yang diinginkan. Untuk motifnya, beberapa yang sering ditemukan di pasaran yaitu motif heksagon, lingkaran, persegi, daun semanggi, dan lubang koin.

Plat perforasi cenderung lebih ringan daripada plat baja logam lainnya dengan volume dan massa yang sama. Ini karena adanya lubang-lubang yang mengurangi berat, membuatnya lebih mudah dipindahkan dan dipasang.

Ukuran Lubang Plat Perforated

Berikut tabel variasi ukuran lubang plat perforated selengkapnya.

Ketebalan 0.7mm

Ketebalan 0.7mm

Ketebalan 1.1mm

Ketebalan 1.1mm

Ketebalan 1.4mm

Ketebalan 1.4mm

Ketebalan 1.8mm

Ketebalan 1.8mm

Kegunaan Lubang Plat Perforated

Lalu, apa kegunaan lubang plat perforated? Berikut uraian lebih lanjut.

Sirkulasi Udara dan Pencahayaan

Adanya lubang-lubang pada plat perforated memungkinkan udara dan cahaya mudah masuk. Hal ini dapat mempermudah pengaturan suhu dan pencahayaan, terutama pada lahan kebun atau ruangan yang membutuhkan sirkulasi baik.

Baca Juga :  Cara Daftar Maxim Bike: Mulai Petualanganmu di Dunia

Mempercantik Bangunan

Lubang-lubang pada plat perforasi memiliki motif yang dapat disesuaikan dengan permintaan. Karena itu, jenis plat baja ini banyak diusung sebagai pagar yang menarik dan kreatif, sehingga dapat memberi kesan cantik dan minimalis pada bangunan. 

Penyaring atau Filter

Plat perforated biasanya digunakan untuk alat penyaring atau filter industri, perkebunan, minyak, produksi pakan ternak, penyaring gandum, hingga untuk dekorasi interior dan eksterior bangunan.

Mengurangi Kebisingan

Plat perforasi dapat membantu mengurangi kebisingan dengan membiarkan sebagian suara melewati lubang-lubangnya. Karena itu, plat perforasi cocok juga diterapkan di lingkungan di mana perlu adanya reduksi kebisingan.

Aplikasi Plat Perforated di Berbagai Bidang Industri

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ada banyak kegunaan plat perforated. Mulai dari untuk mempercantik tampilan bangunan hingga mengurangi kebisingan. Bukan hanya di bidang konstruksi bangunan saja, berikut beberapa aplikasi plat perforated di berbagai industri.

  • Industri Konstruksi

Lebih lanjut, di bidang konstruksi, plat perforated biasanya dimanfaatkan sebagai plafon yang kuat dan desain menarik, dinding pembatas, dan panel dekoratif. Baik di pusat perbelanjaan maupun fasilitas publik lainnya.

  • Industri Manufaktur

Beberapa bagian mesin atau alat produksi juga dipasangi plat lubang perforated. Misalnya bagian pengayakan dan pemisahan material di mesin filter.

  • Industri Otomotif

Jika Anda mengamati grill dan panel dekoratif mobil, komponen tersebut juga dibuat dari plat perforated yang didesain khusus.

  • Industri Energi

Sementara di bidang energi listrik maupun migas, aplikasi plat perforated biasanya untuk dinding atau panel dekoratif pada bangunan atau fasilitas di lingkungan industri.

Kekurangan Plat Perforated

Di balik banyaknya manfaat plat perforated pada berbagai industri yang menonjolkan keunggulannya, Anda juga perlu tahu plat baja ini memiliki beberapa kekurangan, di antaranya:

  • Mudah berkarat jika suhu dan kelembaban tinggi, karena didominasi material besi
  • Harga yang cukup mahal karena melalui proses lagi untuk menciptakan lubang-lubang perforasi
  • Jika sudah penyok, sulit dikembalikan ke tampilan semula
Baca Juga :  Berkeras untuk Bercerai, Sang Istri Tinggalkan Rumah Opick dengan Mengangkut Barang 4 Truk

 

Itulah penjelasan mengenai plat perforated, beserta ukuran, kegunaan, hingga aplikasinya. Pada intinya, plat perforated bisa menjadi pilihan bagi Anda yang menginginkan hunian minimalis modern semakin cantik.

Apalagi jika pemilihan motif, warna cat, dan dekorasi lainnya harmonis, akan membuat tampilan hunian Anda kian estetik. Pastikan untuk memilih jasa desain dan instalasi plat perforated terpercaya, seperti Pusatbajaindonesia.com. Mereka adalah perusahaan jual plat perforated Surabaya yang sudah melayani pembuatan dan instalasinya selama bertahun-tahun.

MGID

About the Author: admin 2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *