Cara Membuat Nougat: Manisnya Kreasi Lezat di Dapur

cara membuat nougat

Selamat datang, para pencinta kulinari dan pecinta camilan manis! Apakah Anda pernah tergoda oleh kelezatan nougat yang renyah dan lembut? Nah, kali ini kita akan membahas cara membuat nougat sendiri di rumah. Mari kita jelajahi bersama langkah-langkah sederhana untuk menciptakan camilan yang memikat lidah ini.

Bahan-Bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai, pastikan Anda memiliki semua bahan yang diperlukan untuk membuat nougat. Anda akan membutuhkan gula, madu, putih telur, kacang-kacangan panggang (seperti almond atau kacang tanah), dan essens vanila.

Langkah 1: Persiapan Bahan

Pertama, siapkan semua bahan dengan cermat. Panggang kacang pilihan Anda hingga harum, dan pastikan semua bahan lainnya tersedia dan diukur dengan tepat sesuai resep.

Langkah 2: Persiapkan Loyang dan Kertas Roti

Siapkan loyang dengan menempatkan kertas roti di dalamnya. Hal ini akan memudahkan proses pemotongan nougat setelah matang dan mencegah lengket pada loyang.

Langkah 3: Mulai Mencampur Gula dan Madu

Masukkan gula dan madu ke dalam panci dengan api sedang. Aduk terus hingga gula larut sepenuhnya dan campuran mencapai suhu 140 derajat Celsius. Gunakan termometer masak untuk memantau suhu.

Langkah 4: Kocok Putih Telur

Sementara campuran gula dan madu memanaskan, kocok putih telur hingga membentuk puncak yang kaku. Ini akan menjadi dasar untuk kelembutan nougat.

Langkah 5: Campurkan Semua Bahan

Setelah campuran gula dan madu mencapai suhu yang diinginkan, tuangkan perlahan ke dalam putih telur yang telah dikocok. Aduk terus hingga campuran menjadi kaku dan mengembang.

Langkah 6: Tambahkan Kacang Panggang

Setelah adonan nougat terbentuk, tambahkan kacang panggang ke dalamnya. Pastikan kacang tercampur merata untuk memberikan tekstur yang nikmat pada nougat.

Baca Juga :  Begini Detail Ekspedisi Cargo Jakarta Palu Dengan Klik Logistics

Langkah 7: Bentuk dan Dinginkan

Tuang adonan nougat ke dalam loyang yang telah disiapkan. Ratakan permukaannya dengan spatula. Biarkan nougat mendingin dan mengeras selama beberapa jam atau semalam.

Langkah 8: Potong Menjadi Potongan Kecil

Setelah nougat benar-benar dingin, angkat dari loyang dan letakkan di atas permukaan yang bersih. Potong nougat menjadi potongan-potongan kecil sesuai selera Anda.

Langkah 9: Simpan dengan Baik

Simpan nougat dalam wadah kedap udara atau bungkus dengan kertas wax untuk menjaga kelembutan dan kesegarannya.

Selamat Menikmati Karya Anda Sendiri!

Sekarang, Anda telah berhasil membuat nougat sendiri di rumah. Nikmati hasil karya Anda dan bagikan kepada teman-teman dan keluarga. Selamat menikmati kelezatan nougat buatan sendiri, dan sampai jumpa kembali di resep manis lainnya yang sayang untuk dilewatkan!

MGID

About the Author: admin 2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *