Inilah Gejala Penyakit Sinusitis yang Perlu Anda Perhatikan

gejala penyakit sinusitis

Sinusitis adalah kondisi medis yang cukup umum terjadi di masyarakat. Meskipun gejala penyakit ini bisa sangat mengganggu, banyak orang sering tidak menyadarinya sebagai sinusitis. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan dengan santai beberapa gejala penyakit sinusitis yang perlu Anda ketahui. Dengan mengetahui gejala-gejala ini, Anda dapat lebih cepat mengenali kondisi Anda dan mencari perawatan yang tepat.

Gejala Umum

Gejala umum dari penyakit sinusitis meliputi rasa sakit dan tekanan pada wajah, hidung tersumbat, batuk, pilek, dan demam. Anda mungkin juga merasa tidak nyaman di daerah sekitar mata, pipi, atau dahi. Gejala ini biasanya berlangsung selama lebih dari 12 minggu dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari Anda.

Sakit Kepala

Sakit kepala adalah salah satu gejala yang sering terjadi pada sinusitis. Biasanya, sakit kepala ini terasa lebih berat di pagi hari dan dapat memburuk saat Anda membungkuk atau berbaring. Sakit kepala yang disebabkan oleh sinusitis bisa terasa tumpul dan nyeri di bagian belakang mata dan dahi.

Batuk yang Tidak Kunjung Sembuh

Penyakit sinusitis seringkali menyebabkan iritasi di tenggorokan dan saluran napas, yang dapat menyebabkan batuk yang tidak kunjung sembuh. Batuk ini mungkin terasa lebih parah di malam hari dan dapat disertai dengan lendir atau dahak yang sulit dikeluarkan.

Perubahan Suara

Penyumbatan di saluran sinus dapat mempengaruhi resonansi suara Anda dan menyebabkan perubahan suara. Anda mungkin merasa suara Anda serak atau lebih berat dari biasanya. Hal ini terjadi karena adanya peradangan di daerah tenggorokan dan pita suara akibat sinusitis.

Mengantuk dan Lesu

Ketika Anda mengalami sinusitis, tubuh Anda berusaha melawan infeksi dan peradangan, yang dapat menyebabkan Anda merasa mengantuk dan lemas. Anda mungkin merasa kelelahan lebih cepat dari biasanya dan sulit untuk tetap bugar sepanjang hari.

Baca Juga :  Inilah Beberapa Manfaat Makan Sayur untuk Kesehatan Anda

Penglihatan Kabur

Beberapa orang dengan sinusitis juga melaporkan adanya gangguan penglihatan seperti penglihatan kabur atau penglihatan ganda. Hal ini disebabkan oleh tekanan yang ditimbulkan oleh peradangan sinus pada area sekitar mata.

Radang Tenggorokan yang Berulang

Radang tenggorokan yang berulang dan sulit sembuh bisa menjadi tanda adanya sinusitis. Peradangan di saluran sinus dapat mengakibatkan iritasi pada tenggorokan dan menyebabkan radang tenggorokan yang sering kambuh.

Penyakit sinusitis memiliki berbagai gejala yang perlu Anda kenali. Gejala umum meliputi rasa sakit dan tekanan pada wajah, hidung tersumbat, batuk, pilek, dan demam. Sakit kepala, batuk yang tidak kunjung sembuh, perubahan suara, dan kelelahan juga bisa menjadi tanda adanya sinusitis. Penglihatan kabur dan radang tenggorokan yang berulang juga bisa terjadi. Jika Anda mengalami gejala-gejala ini, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

 

primayahospital.com

Untuk Anda yang tertarik membaca berbagai artikel kesehatan menarik lainnya yang terpercaya, Anda bisa membacanya di website primayahospital.com. Selain itu, Anda juga bisa membuat janji dokter atau mekakukan konsultasi online pada laman primayahospital.com. Tunggu apa lagi, segera kunjungi laman primayahospital.com. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

MGID

About the Author: admin 2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *