Inilah Langkah-Langkah Cara Membuat Google Form di Laptop

cara membuat Google Form di laptop

Google Form adalah salah satu layanan dari Google yang memungkinkan Anda membuat formulir online dengan mudah. Formulir ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti survei, pendaftaran, atau kumpulan data. Ketahui juga tentang cara membuat berita yang menarik. Dalam artikel ini, kami akan membahas langkah-langkah cara membuat Google Form di laptop Anda.

Langkah 1: Akses Google Form

Langkah pertama adalah membuka browser di laptop Anda dan pergi ke situs web Google Form. Anda dapat melakukan ini dengan mengetikkan “Google Form” dalam mesin pencari atau dengan mengunjungi alamat https://forms.google.com. Pastikan Anda sudah login ke akun Google Anda sebelum melanjutkan.

Langkah 2: Buat Form Baru

Selanjutnya, klik tombol “Blank” untuk membuat formulir baru. Anda akan dibawa ke halaman baru di mana Anda dapat mulai mendesain formulir sesuai kebutuhan Anda.

Langkah 3: Atur Judul dan Deskripsi

Pertama-tama, Anda perlu memberikan judul untuk formulir Anda. Judul ini akan muncul di bagian atas formulir. Anda juga dapat menambahkan deskripsi untuk memberikan informasi tambahan kepada responden tentang tujuan formulir tersebut.

Langkah 4: Tambahkan Pertanyaan

Anda dapat mulai menambahkan pertanyaan ke formulir Anda dengan mengklik tombol “Tambahkan pertanyaan”. Anda dapat memilih berbagai jenis pertanyaan seperti pilihan ganda, isian singkat, atau paragraf panjang. Selain itu, Anda dapat menambahkan pertanyaan opsional atau wajib diisi.

Langkah 5: Sesuaikan Pertanyaan

Setelah menambahkan pertanyaan, Anda dapat menyesuaikannya sesuai kebutuhan Anda. Anda dapat mengubah teks pertanyaan, menambahkan pilihan jawaban, atau mengatur pertanyaan sebagai pertanyaan wajib diisi.

Langkah 6: Tambahkan Opsi Lainnya

Google Form juga memungkinkan Anda untuk menambahkan opsi seperti pilihan skala, tanggal, atau waktu. Anda dapat mengakses opsi ini dengan mengklik ikon tiga titik di sudut kanan bawah pertanyaan.

Baca Juga :  Jangan Sembarangan! Ini Ciri Jasa Pegadaian yang Ilegal

Langkah 7: Mengatur Tampilan

Anda dapat mengatur tampilan formulir Anda dengan mengklik ikon kaca pembesar di bagian kanan atas. Ini memungkinkan Anda mengubah tema, font, dan warna formulir sesuai preferensi Anda.

Langkah 8: Lihat Pratinjau

Sebelum menyebarkan formulir Anda, selalu baik untuk melihat pratinjau untuk memastikan bahwa semua pertanyaan dan pengaturan sudah benar. Klik tombol “Pratinjau” di sudut kanan atas untuk melihat bagaimana formulir akan terlihat untuk responden.

Langkah 9: Sebarkan Formulir

Setelah Anda puas dengan formulir Anda, Anda dapat menyebarkannya kepada responden. Klik tombol “Bagikan” di sudut kanan atas untuk mendapatkan tautan yang dapat Anda bagikan melalui email, media sosial, atau pesan teks.

Langkah 10: Analisis Hasil

Saat responden mulai mengisi formulir Anda, Anda dapat melihat hasilnya secara langsung di akun Google Anda. Google Form menyediakan berbagai alat analisis yang memungkinkan Anda melihat tanggapan dalam bentuk grafik atau daftar.

Kesimpulan

Itulah langkah-langkah sederhana tentang cara membuat Google Form di laptop Anda. Dengan menggunakan layanan ini, Anda dapat dengan mudah membuat formulir online untuk berbagai keperluan. Jangan ragu untuk mencoba dan eksperimen dengan berbagai fitur yang ditawarkan oleh Google Form. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.

Related video of “Inilah Langkah-Langkah Cara Membuat Google Form di Laptop”

MGID

About the Author: admin 2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *