Teknologi Raya

Portal Teknologi Terkini

Manfaat Perencanaan Bisnis Bagi Pengusaha Pemula

komponen perencanaan usaha

 

Setiap bisnis yang ingin kita bangun harus mempunyai komponen perencanaan usaha yang jelas. Semua rancangan bisnis harus terkandung dalam rencana bisnis atau yang sering kita kenal dengan business plan.

Perlu kita ketahui bahwa setiap rencana bisnis dalam bidang apapun bisa mengalami perubahan seiring berkembangnya waktu. Business plan perlu kita revisi dengan tepat agar bisa meningkatkan modal bisnis, memperluas wilayah bisnis, dan memperkuat bisnis.

Itulah yang membuat kehadiran rencana bisnis sangat penting untuk kita susun ketika akan memulai sebuah usaha.

Nah, agar kamu semakin yakin dan semangat membuat business plan, berikut ini sederet manfaat dari rencana bisnis. Simak ulasannya sampai akhir, ya!

Menguji Kelayakan Bisnis

Hal yang perlu kita yakini bersama adalah rencana bisnis menjadi suatu hal yang penting untuk membantu kita dalam menguji kelayakan ide bisnis yang sedang ingin kita jalankan. Kita bisa memeriksa apakah bisnis tersebut bisa bersaing atau tidak.

Dengan cara ini, kita akan lebih menghemat biaya, waktu maupun tenaga karena hanya akan melakukan bisnis yang bisa bertahan di kalangan masyarakat.

 

Membuat Bisnis Menjadi Lebih Efektif

Bisnis yang efektif yakni usaha yang selalu dinamis atau mengalami perkembangan yang signifikan. Maka dari itu, rencana bisnis juga perlu berubah sesuai dengan perkembangan bisnis itu sendiri.

Rencana bisnis bisa membantu dalam proses peninjauan terhadap capaian bisnis selama ini, perubahan atau perbaikan yang perlu kita lakukan, dan lain sebagainya. Dengan adanya rencana bisnis, perjalanan bisnis akan menjadi lebih mudah terkelola dan lebih teratur.

 

Mengatur dan Mengamankan Perihal Keuangan

Rencana menjadi hal yang sangat penting karena memiliki peran dalam pengelolaan dan pengamanan keuangan dalam bisnis. Sudah kita ketahui bersama bahwa setiap bisnis yang akan berjalan pasti membutuhkan modal berupa uang.

Uang ini berfungsi sebagai modal awal maupun modal operasional dalam bisnis. Setiap kegiatan bisnis membutuhkan perencanaan dalam hal yang berkaitan dengan uang secara jelas.

Apalagi jika bisnis tersebut sudah mapan dan berjalan dalam waktu yang lama. Tentunya, bisnis seperti itu akan memerlukan biaya yang lebih banyak. Oleh sebab itu, rencana bisnis akan semakin kita butuhkan untuk menjamin keberlangsungan bisnis di masa mendatang.

 

komponen perencanaan usaha

Melakukan penyusunan rencana bisnis memang sangat menyita waktu dan pikiran. Hal ini karena dalam prosesnya kita tidak bisa menyelesaikannya dalam waktu yang singkat. Perlu banyak memikirkan pertimbangan secara matang hingga akhirnya kita bisa membuat business plan yang sempurna.

Bisnis tanpa adanya rencana bisnis yang tepat akan menyebabkan kita berjalan pada bebatuan yang banyak risiko. Sebaliknya, bisnis yang memiliki rencana kuat akan mendorong usaha kita menjadi lebih kokoh dan mampu bertahan lama.

Apabila kamu sudah memutuskan untuk menjalankan sebuah usaha kuliner. Sebaiknya, kamu ikut bergabung dalam Komunitas Partner GoFood atau KOMPAG. Selain kamu bisa melakukan kolaborasi usaha, kamu juga akan mendapat banyak ilmu baru mengenai bisnis.

 

Tidak perlu khawatir, untuk menjadi bagian dari KOMPAG sangatlah mudah. Sebelum mendaftar menjadi partner GoFood, tentunya kamu harus mendaftar GoFood dulu.

Mari mulai mengembangkan usaha agar lebih maju lagi bersama GoFood. Jualan meningkat, untungnya pun semakin berlipat!

Tidak hanya layanan GoFood, kamu juga bisa mengelola usaha kulinermu hanya dengan satu gengaman saja menggunakan aplikasi GoBiz.

Ayo, intip lebih detail mengenai perencanaan bisnis dan keunggulan aplikasi GoBiz hanya di gobiz.co.id. Semoga bermanfaat!