Teknologi Raya

Portal Teknologi Terkini

5 Cara Mengatasi Asam Lambung Naik dengan Efektif

Cara mengatasi asam lambung naik

Asam lambung yang naik dapat membuat perut anda menjadi tidak nyaman. Sebenarnya ada beberapa cara mengatasi asam lambung naik, baik itu cara alami ataupun dengan meminum obat. Salah satu ciri gejala asam lambung anda naik adalah adanya sensasi panas di dalam dada atau heatburn.

Ada banyak faktor yang menyebabkan asam lambung bisa naik. Misalnya saja karena mengonsumsi makanan yang terlalu pedas ataupun terlalu asam. Jika asam labung anda sering naik dan hal itu terjadi selama beberapa kali dalam satu minggu, itu bisa menjadi salah satu ciri penyakit Gerd. Berikut ini adalah cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi naiknya asam lambung.

Minum Air Hangat

Untuk mengatasi asam lambung anda yang naik, anda bisa meminum air hangat. Minulah air hangat tersebut dengan pelan-pelan. Dengan meminum air hangat, asam lambung anda yang naik dapat menjadi lebih netral. Selain itu, air hangat bisa mengurangi sensasi tidak nyaman yang ada di tenggorokan dan lambung.

Minum Obat

Anda juga bisa langsung meminum obat untuk mengatasi naiknya asam lambung anda. Ada banyak obat yang bisa mengatasi naiknya asam lambung. Anda bisa menemukannya dengan mudah di pasaran. Obat untuk menetralkan asam lambung pada umumnya adalah Antasida. Jika asam lambung anda tidak segera turun setelah meminum obat, anda bisa menghubungi dokter.

Mengonsumsi Jahe

Jahe dapat juga menjadi salah satu obat untuk asam lambung anda yang kambuh. Itu karena jahe dapat mengurangi rasa mual dan mengatasi heatburn. Untuk mengonsimsinya, anda bisa meminum air rebusan jahe, ataupun menambahkan jahe ke dalam masakan yang anda masak seperti sup.

Postur Tegak

Selain dengan mengonsumsi berbagi macam hal yang bisa mengatasi naiknya asam lambung, anda juga bisa mengatur posisi badan anda agar asam lambung tidak semakin naik. Postur tubuh dapat memberikan pengaruh terhadap naiknya asam lambung. Jika anda terlalu serinng tiduran, asam lambung akan mudah sekali naik. Untuk mengatasinya, anda bisa atur posisi duduk anda menjadi lebih tegak. Selain duduk, cara yang lebih efektif adalah berdiri dengan tegak. Sehingga lambung anda akan bisa bebas dari tekanan tubuh yang membuat asam lambung naik ke kerongkngan.

Melonggarkan Baju

Asam lambung nik juga dapat terjadi karena baju yang anda gunakan terlalu ketat. Hal tersebut membuat perut anda menjadi tertekan. Untuk mengatasinya, anda bisa melonggarkan baju anda sehingga tekanan pada peru dapat berkurang.

 

Nah, itulah beberapa cara untuk mengatasi asam lambung yang naik. Untuk mencegah asam lambung anda naik, hindarilah makanan-makanan yang bisa meningkatkan asam lambung anda.