Teknologi Raya

Portal Teknologi Terkini

Bahaya Ada Oli Palsu, Begini Trik Mengenalinya

TEKNOLOGI RAYA – Dalam perkembangan zaman ini Pemalsuan oli mesin bermotor mulai marak. Bisnis pemalsuaan Pelumas Oli mesin ini sangat merugikan konsumen karena merupakan komponen yang utama dalam kinerja mesin. Pada umumnya pemilik kendaraan tidak paham akan perbedaan antara oli mesin yang asli dan yang palsu. Yang hanya tahu konsumen mengetahui dari brand saja.

Biasanya Oli yang palsu itu hasil penyaringan dan pengemasan oli bekas pakai yang di beri cap menyerupai seperti aslinya. Takjarang dari pihak bengkel pun hampir sulit untuk membedakan oli palsu tersebut.

TEKNOLOGI RAYA – Biar kamu para konsumen tidak tertipu dengan oli palsu ini, bisa diteliti dengan cara berikut:

 

1.Amati Tutup dan Segel pada Botol Oli

Ketika akan membeli oli baru, sebaiknya mengeceknya terlebih dahulu apakah ada yang mencurigakan dari fisik tutup oli tersebut. Bisa saja tutup botolnya sudah penyok, kendor, tidak melampirkan segel dll.

 

2.Cek Label pada Botol Oli

Untuk tahap selanjutnya mengecek label kemasan botol oli muai dari tingkat ketajaman tulisan/gambar, kekusaman, atau ada perbedaan desain dengan botol yang asli. Dewasa ini para produsen oli mesin melengkapi pengaman berhologram yang akan menyulitkan produsen oli palsu. Walaupun bisa menirukannya tetapi label hologram ini tidak akan sama dan membutuhkan biaya produksi oli palsu tersebut.

 

3.Periksa nomor Seri Produksi di Botol

Setiap dari oli mesin yang asli pasti memliki nomor registrasi produksi. Dan letaknya biasanya ada tutup dan badannya. Coba periksa apakah sama antara nomor seri produksi di tutup dan badan botol sama, bila tidak sama perlu anda curigai.

 

4.Bandingkan Bentuk dari Botol dengan Aslinya

Coba anda cermati bentuk botolnya, bila bentuknya jelek atau warnanya kusam anda bisa juga mencurigai bila ini oli palsu. Banyak produsen oli palsu menggunakan botol bekas yang terlah terpakai.

 

5.Cermati Warna dan Aroma Oli

Dikesempatan yang terakhir ini faktor yang bisa jadi pertimbangan akan oli itu dikatakan asli maupun palsu dari segi warna dan aromanya. Warna oli baru dan asli itu memiliki warna yang bening dan mengeluarkan aroma yang enak. Berbeda dengan oli palsu warnanya akan keruh dan kental, serta baunya seperti gosong.

 

Jadilah pembeli yang cermat sebelum membeli oli baru. Dan waspadai pembelian ditoko / bengkel yang hendak ada kunjungi. Lebih amannya beli ke distributor resmi / bengkel resmi.