Teknologi Raya

Portal Teknologi Terkini

Beberapa Cara Menyiasati Dinding Rumah yang Rusak

TEKNOLOGI RAYA – Dinding merupakan salah satu bagian yang paling sering kita lihat saat di rumah. Jadi jika ada cacat di bagian dinding, tentu kita bisa dengan mudah menemukannya. Bagian dinding yang retak, agak menonjol, atau terkelupas, dapat mengurangi nilai estetika ruangan secara keseluruhan. Biasanya kerusakan terjadi, sesaat setelah melakukan renovasi rumah, atau bisa juga disebabkan oleh faktor-faktor alam seperti air yang merembes atau lembabnya udara. Tak hanya itu, penggunaan furnitur yang menempel pada dinding juga dapat membuat permukaan dinding jadi rusak. Nah oleh karena itu, sebaiknya kamu baca beberapa cara menyiasati dinding rumah yang rusak berikut ini.

Tutup dengan Cat Bertekstur

Mengatasi dinding rumah yang retak memang cukup tricky. Kamu memang bisa melakukan plester ulang, namun kemungkinan besar hasilnya tidak akan rapi. Nah sebenarnya bagian dinding yang agak cacat ini bisa kamu jadikan media dekorasi sehingga ruangan terlihat lebih enak dilihat, sekaligus bisa menyamarkan kerusakan. Kamu bisa mengaplikasikan cat bertekstur pada area dinding yang rusak.

 

Beberapa jenis cat seperti wash paint dan rag paint, sangat cocok diaplikasikan pada dinding yang rusak. Kamu tinggal menyapukan cat dengan mindset untuk memberikan sentuhan dekorasi. Jika dinding memiliki warna tua, maka sapukan cat berwarna yang setengah tua. Jangan sapukan cat berwarna cerah karena akan terlihat terlalu kontras. Begitupun jika dinding memiliki warna utama soft, maka gunakan cat bertekstur berwarna soft juga.

 

Tutup dengan Panel Dinding

Jika kerusakan pada dinding rumah sudah sangat parah, kamu bisa menggunakan panel dinding, sehingga bagian dinding yang rusak tertutup sepenuhnya. Namun agar terlihat eye-catching, gunakan decorative panel atau panel yang digunakan sebagai hiasan. Jadi tak hanya menutupi bagian dinding yang rusak, melainkan juga berfungsi sebagai pusat perhatian. Terdapat banyak sekali pilihan material seperti kayu, fiber, dan juga keramik. Penggunaan panel ini sangat efisien dan juga sangat rendah biaya. Kamu bisa langsung menutupi berbagai cacat yang ada dinding dengan sekali pengaplikasian panel dinding ini.

 

Tutupi dengan Wallpaper

Salah satu solusi paling tepat jika dinding rumah rusak yaitu menutupnya dengan wallpaper. Dibanding opsi yang lain, penggunaan wallpaper ini jauh lebih fleksibel, khususnya terkait style apa yang akan digunakan. Kamu bisa menempelkan wallpaper yang sesuai dengan keinginan kamu. Jika kerusakan tidak terlalu parah, sebaiknya gunakan wallpaper yang menyerupai poster atau lukisan sehingga berfungsi sebagai statement. Namun jika kerusakan sudah lumayan parah, kamu bisa memasang wallpaper ke seluruh permukaan dinding.

 

Pastikan bahwa wallpaper yang digunakan sesuai atau menyerupai warna dan style dari permukaan dinding yang masih utuh. Jangan memasang wallpaper dengan gambar atau pola yang terlalu mencolok, karena akan membuat ruangan terasa lebih sempit.

 

Tutupi dengan Foto Berbingkai Besar

Kamu ‘pun bisa menutupi dinding yang rusak dengan foto berbingkai besar. Namun jika kerusakan pada dinding lumayan parah, kamu bisa mengkombinasikan foto berbingkai dengan opsi yang lain, misal wallpaper atau panel dinding. Iya betul sekali, foto berbingkai besar ini pada esensinya hanya mampu menutupi kerusakan kecil. Kamu tak perlu membuat foto dan bingkai baru, cukup pindahkan foto berbingkai dari area lain ke lokasi dimana ada kerusakan.

 

Tutup dengan Cermin

Selain panel dinding, wallpaper, dan foto berbingkai, kamu ‘pun bisa menutupi kerusakan pada dinding dengan cermin. Apalagi jika ruangannya cukup kecil, maka cermin ini dapat membuat ruangan terasa lebih luas. Jika kerusakan berada dibagian bawah dinding, kamu bisa menempatkan cermin berdiri. Namun jika kerusakan terdapat di bagian tengah atau atas, kamu bisa menempatkan cermin gantung. Sebagai catatan, gunakan cermin dengan bingkai yang unik, sehingga ruangan ‘pun terlihat lebih keren.

 

Nah itulah beberapa cara menyiasati dinding rumah yang rusak. Jika kamu menemukan adanya kerusakan pada dinding, jangan langsung panik dan akhirnya memanggil tukang untuk mengecat ulang! Cukup dengan beberapa trik simpel diatas, kamu bisa menutupi area dinding yang rusak, sekaligus membuat permukaan dinding terlihat lebih indah. Semoga bermanfaat ya! TEKNOLOGI RAYA