Teknologi Raya

Portal Teknologi Terkini

Ingin Sewa Apartemen dalam satu tahun? Simak Panduannya Berikut Ini!

sewa apartemen jakarta selatan

Cara sewa apartemen tahunan tentu saja mempunyai banyak sekali keunggulan, terlebih lagi sekarang banyak sekali masyarakat terutama generasi milenial yang ingin tinggal di apartemen dengan alasan simpel karena biasanya di dalam kawasan apartemen sudah mencangkup berbagai aspek.

Aspek tersebut mencangkup restaurant, ATM, minimarket, area bermain, fasilitas keamanan yang terjaga, serta di beberapa apartemen juga sudah tersedia fasilitas kesehatan, dan juga privasi yang terjaga.

Menurut Indonesia Property Watch (IPW) saat ini masyarakat lebih memilih menyewa daripada harus membeli terutama di kota-kota besar seperti Jakarta.

Jika Anda berniat untuk menyewa apartemen dalam satu tahun maka simak panduannya berikut ini.

 

Kenali surat perjanjian sewa

Kenali surat perjanjian sewa

Hal pertama yang harus Anda lakukan jika ingin tahu cara sewa apartemen tahunan adalah pahami dan kenali terlebih dahulu surat perjanjian sewa, perlu diingat juga dalam membuat surat perjanjian sewa tidak boleh asal karena harus mengikuti tata hukum dan peraturan yang tentunya berlaku di negara  Indonesia.

Surat perjanjian sewa ini sangatlah penting agar kedua belah pihak tidak ada yang merasa dirugikan, surat perjanjian ini biasanya dibuat secara tertulis dengan materai dan tanda tangan.

Surat perjanjian sewa ini juga terdapat syarat-syarat yang tercantum di dalamnya diantaranya :

1.    Catat identitas pemilik dan penyewa

Hal ini perlu dicatat agar identitas kedua belah pihak jelas, identitas tersebut terdiri dari nama, tempat dan tanggal lahir, umur, pekerjaan, NIK, serta nomor telepon. Selain itu juga diperlukan salinan dari KTP untuk disimpan oleh pihak pemilik.

2.    Spesifikasi apartemen yang lengkap

Syarat selanjutnya adalah apartemen harus mempunyai informasi yang lengkap mulai dari alamat, gedung apartemen, unit, tipe unit, luas unit, serta jumlah kamar, selain itu juga harus dijelaskan apakah apartemen tersebut fully furnished, semi furnished, atau unfurnished.

3.    Harga sewa dan biaya lainnya

Terkait harga sewa, hal ini juga harus jelas diinfokan dan ditetapkan terkait durasi sewa beserta harga. Biaya lainnya juga harus disebutkan seperti biaya maintenance, tagihan listrik serta air yang biasanya akan dibebankan kepada penyewa.

Jika penyewa merasa tidak cocok dengan harga yang ditawarkan, penyewa bisa melakukan diskusi dengan pemilik sampai menemukan kesepakatan yang pas untuk kedua belah pihak.

4.    Tetapkan sanksi atau denda yang jelas

Hal ini sangat perlu dilakukan dan harus dibuat karena dengan ditetapkan sanksi atau denda yang jelas maka jika penyewa sewaktu-waktu melakukan perusakan unit ataupun melanggar perjanjian, penyewa bisa membayar denda yang telah disepakati oleh kedua belah pihak.

5.    Hadirkan saksi kedua belah pihak

Dalam proses penandatangan perjanjian, kedua belah pihak wajib menghadirkan saksi, tujuan adanya saksi ini untuk memperkuat hukum dan peraturan yang sah. Setelah itu barulah terjadi proses tanda tangan diatas materai.Jika sudah dilakukan tanda tangan maka unit yang disepakati akan diserahkan kepada penyewa.

 

Hal yang perlu diperhatikan sebelum menyewa apartemen dalam jangka panjang terutama setahun.

Hal yang perlu diperhatikan sebelum menyewa apartemen dalam jangka panjang terutama setahun.

Sebelum Anda memutuskan untuk menyewa sebuah apartemen ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan terutama jika Anda ingin menyewa selama setahun yaitu :

1.    Kualitas unit apartemen

Hal ini sangat penting karena kualitas yang buruk akan membuat Anda mengurungkan niat dalam menyewa apartemen, di tengah banyaknya manfaat teknologi terutama di era digital ini Anda bisa mencari unit apartemen dengan kualitas bagus di internet salah satunya bisa dicari melalui jendela360, jika Anda masih belum merasa puas dengan hanya mencari di internet Anda bisa langsung datang ke lokasi untuk melihat secara langsung.

2.    Lokasi

Tentu saja dalam menyewa sebuah apartemen yang paling penting adalah lokasi yang strategis dan akses yang mudah, Anda bahkan tidak akan mau bukan jika lokasi apartemen jauh dari mana-mana, maka dari itu pemilihan lokasi sangatlah penting, pilihlah lokasi yang dekat dengan jalan utama, pusat bisnis, pusat hiburan, pusat pendidikan, serta pusat kesehatan.

3.    Fasilitas

Pilihlah apartemen dengan fasilitas yang lengkap seperti sudah tersedianya tv, internet, laundry, kolam renang, taman bermain anak jika Anda sudah mempunyai buah hati, jogging track jika Anda senang berolahraga, tentunya semakin lengkap fasilitas yang ditawarkan akan menjadikan sebuah apartemen memiliki nilai yang menarik.

4.    Harga

Terakhir namun yang paling penting adalah harga, sesuaikan budget yang Anda punya dalam mencari apartemen yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

 

Itu dia tadi panduan jika Anda ingin membeli apartemen selama setahun, banyak sekali referensi apartemen di Jakarta yang bisa menjadi rekomendasi Anda, salah satunya apartemen yang berada di Jakarta Selatan. Kenapa Jakarta Selatan?

 

Sewa apartemen Jakarta Selatan bisa menjadi referensi Anda yang bingung mencari apartemen yang sesuai karena Jakarta Selatan merupakan kota di Jakarta dengan jumlah populasi terbesar, maka dari itu sewa apartemen jakarta Selatan bisa memberikan Anda banyak manfaat karena populasi terbesar itulah di kawasan ini juga dibangun fasilitas penunjang untuk mendukung kenyaman, keamanan, serta mobilitas Anda, banyak sekali pusat perbelanjaan, pusat hiburan, tempat wisata, banyak kafe dan restaurant yang instagramable yang bisa Anda gunakan untuk berfoto.

Tidak hanya itu, apartemen Jakarta Selatan juga banyak yang memiliki akses mudah karena banyak sekali area perkantoran di wilayah ini, dan untuk mendukung mobilitas Anda tenang saja, karena kawasan Jakarta Selatan juga terdapat fasilitas sarana dan prasarana umum seperti Halte Bus Transjakarta, Stasiun Commuter Line, Stasiun LRT yang saat ini sedang dibangun, serta akses jalan tol.

 

Jika Anda sedang mencari apartemen di kawasan Jakarta Selatan maka Jendela360 adalah jawabannya, karena disana terdapat list apartemen yang bisa Anda sewa tentunya dengan kualitas terbaik serta harga yang terjangkau. Yuk cek sekarang juga sebelum unitnya habis!