Teknologi Raya

Portal Teknologi Terkini

Jangan Sembarangan! Ini Ciri Jasa Pegadaian yang Ilegal

gadai BPKB motor

 

Selama masa pandemi banyak masyarakat yang harus memutuskan hubungan kerjanya. Penghasilan yang semakin berkurang ini mendorong beberapa individu untuk melakukan gadai BPKB mobil.

Hal ini tentunya bermanfaat untuk menambah penghasilan guna membayar berbagai keperluan harian. Nah, agar proses pegadaian BPKB menjadi aman, kamu perlu memperhatikan beberapa ciri jasa gadai yang tidak resmi.

Dengan begitu, kamu nantinya mampu memilih tempat pegadaian mana yang lebih kredibel. Simak pembahasan berikut ini, ya!

Tidak Mempunyai Tempat Usaha

Ketika kamu ingin mencari jasa gadai, lebih baik kamu menggunakan perusahaan yang memiliki kantor atau perusahaan yang jelas.

Tentunya, hal ini karena perusahaan gadai sangat identik dengan barang gadai dari konsumen. Makanya, untuk menyimpan barang-barang tersebut, perusahaan gadai perlu mempunyai lokasi yang cukup secara fisik.

 

Barang Jaminan Tidak Teransuransikan

Biasanya, barang yang tergadai akan terdaftar dalam asuransi oleh penyedia jasa gadari. Hal ini bertujuan untuk melindungi barang dari risiko kehilangan atau kerusakan.

Ketika tempat pegadaian yang kamu tuju tidak memberikan asuransi bagi barang jaminan, maka kamu perlu waspada bahwa penyedia jasa tersebut besar kemungkinan adalah penipu.

 

Surat Bukti Gadai Cepat Rusak

Ciri-ciri lain yang bisa menjadi indikasi bahwa suatu perusahaan gadai ternyata illegal atau palsu adalah bukti gadai yang mudah rusak. Pastinya, surat bukti gadai yang  penyedia jasa legal miliki berkualitas baik dan memungkinan surat tetap dalam kondisi bagus untuk waktu yang cukup lama.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa mencoba untuk memperhatikan isi surat gadai. Jangan sampai ada ketentuan yang dapat membuatmu merugi sebagai konsumen. Apalagi jika ada pemberatan dalam melakukan penebusan barang jaminan.

Saat proses terkesan membuatmu semakin sulit, maka kamu perlu waspada karena kemungkinan perusahaan gadai tersebut illegal.

 

Suku Bunga Tinggi

Menurut Otoritas Jasa Keuangan, untuk mengenali suatu pegadaian ilegal atau tidak ada dengan 2L atau legal dan logis. Kamu dapat mengidentifikasi apakah suka bunga yang mereka tawarkan masih logis atau tidak terlalu rendah.

Dalam hal ini, kamu bisa melakukan perbandingan nilai suku bungan dari perusahaan yang bersangkuran dengan suku bungan kredit di perbankan atau lainnya.

 

Penaksiran Barang Tidak Teratur

Ciri lain yang menandakan jasa gadai ilegal adalah penaksiran barang gadai yang tidak teratur. Pada suatu proses penaksiran barang jaminan, penyedia jasa gadai akan sangat teliti dan tidak akan sembarangan.

Bahkan, setiap penaksiran terjadi dalam naungan tenaga penaksir yang sudah tersertifikasi dan mengikuti beragam pelatihan. Oleh sebab itu, perusahaan yang legal akan memberikan penaksiran secara serius dan valid.

Tempat gadai resmi tidak akan memberikan harga barang dengan asal. Kamu perlu memastikan dengan teliti dan mengamati perusahaan yang kamu tuju secara lebih detail sebelum terlanjur transaksi.

 

inafina.com

Nah, jika kamu ingin melakukan gadai namun bingung mencari tempat yang tepat, kamu bisa langsung mengunjungi Inafina.com. Situs pinjaman dana tunai ini telah menjalin kerja sama dengan berbagai mitra resmi di Indonesia. Bahkan, seluruh mitra leasing yang bekerja sama dengan Inafina.com sudah pasti terawasi oleh Lembaga Otoritas Jasa Keuangan.

Inafina.com berdiri sejak tahun 2015 dan sudah melayani ribuan konsumen yang butuh uang dan akhirnya menggadaikan BPKB kendaraan maupun sertifikat. Bersama Inafina.com, BPKB terjamin keamanannya, angsuran ringan, dan dana langsung masuk ke rekening pribadi konsumen.

Yuk, gadai BPKB motor atau mobilmu hanya di inafina.com. Semoga bermanfaat!