Teknologi Raya

Portal Teknologi Terkini

Kegunaan Teknologi Drone dalam Bidang Konstruksi

Di zaman yang modern saat ini, berbagai sektor bisnis mulai melakukan pengembangan yang salah satu komponen penunjangnya adalah konstruksi seperti halnya pabrik, gedung perkantoran pencakar langit, jembatan,jalan raya dll.  Demi menunjang efisiensi dan efektifitas dalam pembangunan konstruksi, teknologi Drone sangatlah populer digunakan saat ini.

 

Apa itu Teknologi Drone?

Teknologi Drone atau dapat disebut juga Unmanned Aerial Vehicle (UAV) adalah pesawat tanpa awak yang dikendalikan oleh manusia dari jarak-jauh menggunakan remote control, smartphone, tablet, maupun Komputer. Penggunaan Drone(UAV) paling sering digunakan untuk mengambil foto dan video dari udara. Sebelum ditemukannya drone ini pengambilan data foto dan video menggunakan pesawat / helikopter yang jelas dari segi biaya cukup tinggi.

Awal mula dari teknologi Drone ini adalah dari dunia militer yang diaplikasikan sebagai pemantauan musuh jarak jauh tanpa membahayakan manusia. Dalam perkembangannya, drone juga digunakan sebagai alat bantu pembangunan  konstruksi.

 Berikut kegunaan drone dalam dunia konstruksi:

 

1. Survei Lapangan

Survei dilapangan dalam proses perencanaan sangatlah penting. Salah satunya adalah tanah yakni dalam konstruksi biasanya digunakan sebagai tahap awal untuk meneliti dan mengamati dari jenis tanah ,sifat tanah, kontur dan elevasi tanah. Data yang dibutuhkan pun didapatkan secara langsung dan akurat. Dengan adanya drone ini pengerjaannya akan lebih cepat dan mudah.

 

2. Meminimalisir Resiko Kecelakaan Kerja bagi Manusia

 

Drone akan menggantikan pekerjaan manusia dalam kegiatan yang dirasa membahayakan manusia seperti kegiatan. Seperti melakukan kontrol pekerjaan contohnya, takperlu menggunakan tenaga manusia sehingga bisa menggunakan drone untuk mengeceknya dengan diremote dari kantor yang akan terhindar dari resiko kecelakaan kerja.

 

3. Pengambilan Foto dan Video untuk Meningkatkan Pemasaran

Tanpa harus susah payah ke site konstruksi, penggunaan drone sangatlah efektif dalam menyajikan foto dan video yang ditawarkan pada konsumennya. Apalagi saat ini kualitas dari foto dan video yang dihasilkan sangat tajam dan jernih. Konsumen akan sangat terbantu secara visual mengenai pembangunan konstruksi sesuai dengan kondisi real di lapangan.

 

4. Pendataan Progres menjadi Real Time

Data yang dihimpun oleh Teknologi Drone ini membantu dalam upgrade data di lapangan sesuai dengan real dalam pembangunan kontruksi. Data Foto dan Video akan menjadi bukti yang outentik menjadi lampiran didalam penyusunan laporan.