Teknologi Raya

Portal Teknologi Terkini

Sudah Amankah Transaksi Digital Anda?

Di zaman yang serba teknologi saat ini transaksi di e-commerce atau toko online sangatlah marak sekali. Dari transaksi tersebut bisa dibayangkan bila besarnya nilai uang yang beredar. Maka dari itulah banyak sekali produk-produk yang menawarkan bank digital seperti Scan Barcode QRIS, QR code, Mobile Transfer dan sebagainya. Transformasi akan kemajuan teknologi ini memudahkan orang agar tidak perlu membawa uang tunai.

Tapi perlu diwaspadai juga karena banyak sekali  yang melakukan transaksi melalui digital ini juga marak aksi siber yang banyak juga merugikan penggunanya. Kita sebagai pengguna fasilitas digital ini pun tidak tahu apakah akun kita sudah teretas ataupun belum. Jangan sampai anda lagi asyik berbelanja online malah dikuras oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Agar Transaksi Digital Anda Aman, teknologi raya merekomendasikan langkah ini sebagai berikut:

1.Tetap Menjaga Rahasia Data Anda

Data yang sangat riskan sekali untuk diretas seperti PIN Password dan Kode OTP yang mana data ini jangan sampai disalah gunakan oleh orang lain. Karena bila sudah tercuri semuanya maka akan mudah sekali untuk menguras uang anda.

 

2. Memisahkan Email Khusus untuk Banking

Untuk proteksi selanjutnya yakni buatlah email yang khusus untuk banking. Diusahakan agar tidak tercampur dengan email  pekerjaan, agar anda mudah dalam mengeceknya.

 

3. Mengaktifkan TFA dan Pemberitahuan Transaksi

Fitur saat ini yang ditawarkan Produsen Perbankan digital yaitu TFA (Two Factor Authentication). Ini bertujuan untuk memberikan keamanan pada pengguna dengan dua kali login dengan PIN Password yang beda. Serta selalu aktifkan notifikasi ke email maupun gadget anda disetiap transaksi anda.

 

4.Mengecek Ulang Ketika akan melakukan transaksi

Jangan sampai anda melakukan transaksi melalui link yang tidak jelas. Minimal periksalah Nomor dan Nama Tujuannya agar setiap transaksi terkontrol dengan baik.

 

5. Mengganti PIN Password anda secara Berkala

Keamanan selanjutnya selalu melakukan penggantian PIN Pasword agar ketika data semakin terproteksi dengan baik. Peretas data anda akan kesulitan membobol password anda.