Teknologi Raya

Portal Teknologi Terkini

Kelebihan dan Kekurangan Dari Panel Surya Dalam Penghasil Energi Listrik Alternatif

panel surya

mediaindonesia.com

Listrik jadi sumber kehidupan manusia di jaman sekarang ini. Gimana bila tidak terdapat listrik? Nyatanya kalian ketika melakukan aktivitas pasti memerlukan energi listrik karena tiap perlengkapan bantu elektronik yang digunakan manusia hampir seluruhnya memerlukan energi listrik seperti gadget, komputer, televisi, kulkas,dll, terlebih dikala malam hari dikala listrik jadi sumber penerangan.

Tarif dasar listrik terus bertambah walaupun kalian telah melaksanakan banyak upaya penghematan. salah satu solusinya teknologi listrik panel surya yang dapat diaplikasikan di rumah buat mengirit listrik. Buat kalian yang belum ketahui, ayo kita kenali panel surya lebih perinci!

 

Apa Itu Panel Surya?

Panel surya ialah suatu alternatif buat menciptakan listrik ketika bahan baku energi lain mulai menipis. Panel surya berbentuk fitur buat mengkonversikan tenaga sinar matahari jadi tenaga listrik.

Dengan memakai sekumpulan papan penangkap sel- sel surya diarea yang terserang sinar matahari secara langsung setelah itu dikonversikan jadi tenaga listrik yang setelah itu ditaruh didalam baterai. Jadi besarnya intensitas sinar matahari yang masuk ke dalam sel, akan menjadi banyak besaran listrik yang dihasilkan.

 

Kelebihan Panel Surya

cnnindonesia.com

Kelebihan penghasil listrik panel surya secara umum memang menggunakan energi cahaya matahari yang tidak akan habis bila digunakan secara maksimal.  Berikut kelebihan dari penggunaan teknologi panel surya :

Panel Surya Ramah Lingkungan

Dibandingkan dengan sumber listrik yang lain, panel surya mempunyai tenaga yang sangat bersih. Secara fisika, panel surya sanggup menngkp radiasi UV dari matahari sehingga tidak menciptakan emisi sedikit juga.

Tidak cuma itu, panel surya juga tidak memunculkan bising serta tidak membutuhkan bahan bakar buat pengoperasiannya, cuma memerlukan cahaya matahari saja.

 

Pemerataan Jaringan Listrik

Pemanfaatan panel surya secara optimal sanggup menyebarkan tenaga listrik secara menyeluruh tercantum ke wilayah terpencil yang belum tersentuh oleh Jaringan listrik. Panel surya mampu menggunakan kemampuan dari tenaga cahaya matahari sebesar 8 Kwh per m² dalam satu hari.

 

Proses Instalasi Cepat

Memakai panel surya selaku sumber lisrik, proses instalasi dapat dicoba dalam waktu yang relatif cepat apabila dibandingkan dengan sebagian instalasi listrik yang lain.

 

Kinerjanya Relatif Andal

Keandalan panel surya telah dibuktikan sepanjang lebih dari 50 tahun. Semenjak lama, panel surya digunakan buat menunjang program luar angkasa sebab ketahanannya andal dalam bermacam keadaan eksrim di luar angkasa.

 

Kekurangan Panel Surya

google.com

Tidak hanya mempunyai banyak kelebihan, kenyataannya panel surya masih mempunyai beberapa kekurangan. Ada pula kekurangan panel surya ini harus kalian tahu saat sebelum memutuskan buat memasangnya. Berikut kekurangan dalam penggunaan teknologi panel surya :

 

Sumber Listrik Tidak Stabil

Semacam kita tahu, matahari tidak bersinar sepanjang 24 jam tiap harinya. Kalian yang tinggal di rumah tertutup oleh tumbuhan atau awan yang akan menghalangi panel surya untuk memperoleh cahaya matahari secara optimal. Pada dikala tertentu, konsumsi listrik panel surya dapat menurun serta membuat sumber listrik jadi tidak normal sehingga kurang memadai kebutuhan rumah tangga.

 

Tarif Pemasangan yang Mahal

Pemakaian panel surya di Indonesia masih terkategori tidak sering. Perihal ini berhubungan dengan tarif pemasangan panel surya yang sangat besar. Panel surya dikala ini belum dapat digunakan oleh seluruh golongan.

 

Perawatan mahal

Memakai panel surya, maksudnya kalian mengoperasikan tenaga listrik sendiri. Jadi harus siap dengan biaya perawatan secara berkala dan biaya tidak terduga bila sewaktu- waktu terjadi kerusakan pada sistem, mulai dari panel sel, baterai serta konverternya. Dan setiap satu tahun sekali perlu dilakukan pembersihan permukaan panel surya dari debu yang mengakibatkan turunnya intensitas cahaya yang diterima panel surya.