Begini Mengatasi Laptop yang Panas Over Heat

TEKNOLOGI RAYA – Setiap pengguna dari Laptop atau computer jinjing ini pasti lah pernah mengalami laptop panas (over heat). Sesungguhnya laptop panas ini diakibatkan dari Usia dari Laptop tersebut, Kotor dan berdebu didalamnya, maupun kesalahan dalam memposisikan laptop yang akan mengganggu sirkulasi udara yang keluar dan masuk kedalam laptop.

Biasanya bila laptop sudah terlalu panas, kinerja dari laptop tersebut akan menurun seperti hang atau error. Bahkan bila parah sekali panasnya, laptop akan mati secara tiba-tiba yang akan sangat menggangu penggunanya. Agar anda selalu nyaman bekerja menggunakan laptop, yuk simak penjelasan kami ini.

Berikut ini Cara Mengatasi Laptop Panas (Over Heat) yaitu:

 

1. Cek Berkala Unit Fan / Kipas Di Laptop

Agar selalu diperhatikan untuk Mesin kipas pada Laptop secara berkala. Paling tidak 3-6 Bulan sekali untuk dicek dan dibersihkan. Biasanya banyak sekali debu yang menempel pada kipas dan saluran masuk dan keluarnya udara. Peran kipas ini pada laptop merupakan salah satu yang penting agar laptop tetap dalam kondisi yang normal. Bila didapati kipas ini rusk maka anda harus segera menggantinya.

 

2. Perhatikan Peletakkan dan Tambahkan Alat Bantu Penopang Laptop

Selalu perhatikan alas dari Laptop, pastikan agar rata dan ada celah udara yang bisa keluar dan masuk lewat rongga bawah laptop. Jangan sampai ada lubang yang tertutupi sesuatu yang membuat panas pada laptop. Mudahnya sih gunakan alas tambahan yang rata seperti buku, papan, cooling pad dll.

 

3. Jauhkan Laptop Dari Udara Panas

Ternyata Panas Laptop juga dipengaruhi dengan suhu ruangan.  Udara sekitar yang panas akan langsung berinteraksi dengan komponen di laptop sehingga akan membuatnya ikut panas. Mengatasinya pun sangatlah mudah bisa menggunakan laptop di tempat teduh atau bisa juga memasang kipas ataupun Air Conditioner (AC) untuk membuat udara sekitar dingin.

Baca Juga :  Sudah Siapkah Indonesia Menyambut Jaringan 5G ?

 

4. Jangan terlalu Intens Menggunakan Laptop

Agar Laptop tidak Panas seyogyanya penggunaannya tidak terlalu lama. Berikan waktu Laptop untuk istirahat cooling down sementara waktu.

 

Demikian penjelasan dari Teknologi Raya agar Laptop kesayangan anda tidak mudah panas atau over heat. Bila masih sering over heat coba bawalah ke Reparasi Komputer dan Laptop agar di cek oleh ahlinya. Semoga bermanfaat ya..!

 

MGID

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *