HP Anda Lemot / Hang, Coba Cara ini !

TEKNOLOGI RAYA – Di  Era serba modern ini penggunaan Handphone (HP) sangatlah di penting untuk memudahkan pekerjaan manusia mulai dari komunikasi, pekerjaan kantor maupun untuk hiburan. Pernahkah anda mengalami ketika asyiknya mengoperasikan HP, malah lemot atau hang. Pastinya perasaan anda akan jengkel dan marah sebab situasi ini. Sebenarnya cara yang mudah untuk mengatasinya bisa membawanya ke tempat servie handphone atau merestart ke setelan pabriknya.

Sesungguhnya banyak sekali faktor yang membuat HP anda ini menjadi lemot, kemungkinan pada umumnya karena terlalu banyak aplikasi yang terinstal dibuka secara bersamaan sehingga menyebabkan RAM pada HP anda bekerja melebihi kapasitasnya.

Untuk mengatasinya secara mandiri coba lakukan cara berikut :

Unistall Beberapa Aplikasi

Upaya yang bisa dilakukan adalah dengan menghapus aplikasi tersebut, sehingga memori RAM memiliki space untuk menjalankan program lainnya. Pilihlah aplikasi yang kirannya tidak sering digunakan dan kurang dibutuhkan untuk dihapus.

 

Melakukan Pembaharuan berkala

Cara selanjutnya yakni dengan Melakukan Update system pada Smartphone anda, yang mana OS android membantu agar tidak lemot setelah disempurnakan oleh Pabrikannya. Menu ini bisa dibuka pada setting > kemudian buka about device. Kemudian coba pilih check for update agar selalu pada format yang terbaru.

 

Restart ke Format Pabrikan pada Android

Cara ini sangatlah efektif dalam mengatasi lemot pada HP anda. Tapi akibatnya data-data aplikasi, kontak, chat, game dan sebagainya akan ikut terhapus juga. Pengembalian format ini akan kembali pada saat HP anda baru saja dibeli.

 

Menghentikan secara paksa aplikasi yang boros baterai

Coba cari di menu battery pada android anda, lalu identifikasilah aplikasi mana yang membuat boros baterai. Sebab penggunaan baterai secara boros, berarti Aplikasi ini menggunakan kapasitas RAM HP untuk menjalankannya. Lebih baiknya dihentikan sementara untuk aplikasi tersebut

Baca Juga :  Tips Membuat Pagar Rumah: Panduan Praktis untuk Keamanan

 

Membersihkan Cache pada Aplikasi

Langkah ini dengan membersihkan cache pada aplikasi, yakni menghapus file penyimpanan yang ada dalam aplikasi. Dengan cara membuka Setting / Pengaturan kemudian pilih Storage Usage, lalu periksalah cache yang besar dalam HP anda. Biasanya akan membuat operasi pada Handphone anda lebih cepat.

 

Demikian dari Teknologi Raya, semoga bermanfaat ya!!

MGID

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *