Teknologi Raya

Portal Teknologi Terkini

Kenali Penyedia layanan hybrid cloud Indonesia terbaik !

 

Banyak sekali Penyedia layanan hybrid cloud Indonesia terbaik yang mulai populer. Terutama ketika wabah COVID-19 mulai menyebar di Indonesia mengakibatkan sebagian besar karyawan perkantoran melakukan WFH (Work From Home) dan anak sekolah SFH (School From Home) yang kerap membutuhkan akses data yang cukup besar dari jarak jauh. Penyedianya biasanya dibuat dan dikembangkan oleh pihak ketiga.

Teknologi hybrid cloud merupakan bagian dari sistem cloud computing yang berkembang secara pesat seiring permintaan akan kebutuhan perusahaan dalam menjalankan bisnisnya. Tanpa adanya sistem teknologi Cloud Computing ini pasti akan membuat kesulitan dan tidak efisien dalam bertukar data. Pada implementasinya Cloud Computing perusahaan gunakan untuk memonitoring dan menyimpan data yang bersifat umum maupun rahasia dengan akses yang mudah dan flexibel serta terjaga keamanannya.

Melansir dari https://cbncloud.co.id, model network access Cloud Computing ini terdiri dari 3 Jenis yakni Public Cloud, Private Cloud dan Hybrid Cloud. Begini penjelasan singkatnya:

 

A. Public Cloud

Pada sistem ini didesain mengakses data secara terbuka. Biasanya dipergunakan oleh pemerintahan, bank, perusahaan dan sebagainya untuk di share secara luas dan bebas kepada masyarakat. Semakin banyak yang dijangkau maka membutuhkan resources penyimpanan yang besar pula walaupun tanpa memperhatikan jaminan akan keamanan datanya. Tapi meskipun begitu ada beberapa keunggulan dari tipe Public Cloud ini.

Berikut ini Keunggulan memakai Public Cloud yaitu:

1. Biaya Lebih Murah

Dikarenakan akses yang diberikan secara luas, sehingga untuk membangun sistem ini dirasa cukup murah. Biayanya dibebankan sesuai dengan yang digunakan saja.

2. Skalabiltas yang Tinggi

Penyesuaian akan kebutuhan cloud resources yang dapat diatur. Kemudian saat traffic sedang banyak cloudnya tidak akan mengalami down speed yang menggangu saat berbisnis.

3. Keandalan sistemnya

Pada Public Cloud ini mempunyai backup data lokasi yang banyak, sehingga apabila ada gangguan dari salah satu resources masih bisa mendapat dari resources yang lainnya.

4. Lebih Flexible

Penggunaan pada public cloud ini lebih flexible dan dapat upgrade terhubung dengan public cloud lainnya.

 

 

B. Private Cloud

Untuk jenis Private Cloud ini biasanya memberikan layanan terbatas individu maupun internal kelompok yang memiliki kerahasiaan sangat tinggi pada datanya. Sehingga aksesnya pun terbatas menggunakan resources tunggal melalui jaringan pribadi yang terbatas. Sistem keamanannya dapat menyesuaikan sesuai penggunanya walaupun tidak seleluasa pada tipe Public Cloud. Ini semua untuk menjaga kerahasiaan datanya.

Berikut ini Keunggulan dari Private Cloud yaitu:

1. Tingkat keamanan yang tinggi

Dikarenakan akses pada Private Cloud mengutamakan private, maka tingkat keamanannya sangatlah bagus. Sehingga cocok untuk perusahaan yang mengedepankan keamanan pada akses datanya.

2. Perbaikan lebih mudah

Jalur pada Private Cloud ini bersifat pribadi, sehingga ketika ada kerusakan akan semakin cepat dan memudahkan perbaikannya. Memang lebih efisien dalam perbaikannya tapi dalam membangun Private Cloud butuh biaya yang lebih mahal bila dengan Public Cloud.

3. Full Control

Seluruh akses yang ada pada Private Cloud langsung dapat kendali secara penuh oleh penggunanya

 

 

C. Hybrid Cloud

Pada teknologi Hybrid Cloud merupakan kolaborasi antara Public Cloud dan Private Cloud agar mendapatkan sistem yang terintegrasi. Sehingga terkadang perusahaan menggunakan akses Private Cloud sebagai yang utama sedangkan untuk Akses Public Cloud untuk sekundernya. Model Cloud Computing tipe Hybrid Cloud seperti ini sering Perusahaan gunakan menjalankan bisnisnya. Untuk keunggulan dari Hybrid Cloud ini lebih flexible tapi memiliki tingkat keamanan yang tinggi dengan biaya yang tidak mahal, yang mana ini merupakan kombinasi dari Private dan Public Cloud. Biayanya sesuai pemakaiannya sama seperti teknologi Public Cloud.

 

 

Agar anda tidak bingung dan ribet, kami merekomendasikan salah satu penyedia layanan hybrid cloud indonesia terbaik yaitu cbncloud.co.id. Perusahaan ini sudah berpengalaman dan berkompeten dalam Cloud Computing. Bila ada yang belum jelas dari penjelasan di atas silahkan berkonsultasi kepada pihak cbncloud.co.id agar mendapatkan sistem yang cocok dan harga terbaik untuk pribadi maupun perusahaan anda.

So, cbncloud is the best solution indonesia hybrid cloud provider.