Keistimewaan Virtual Reality Bagi Umat Manusia!!

Mungkin anda pernah mendengar teknologi VR ini sudah banyak dikembangkan untuk membantu manusia dalam berbagai hal. Teknologi VR membantu manusia dalam mevisualisasikan secara digital. Hampir disegala bidang mulai menggunakan dari teknologi VR ini, karena lebih praktis dan efisien dalam pengaplikasiannya.

 

Apa itu Teknologi VR?

Teknologi VR ( Virtual Reality )merupakan suatu simulasi visualisasi bebentuk 3 dimensi atau nyata yang diolah oleh perangkat  komputer yang dibantu dengan alat seperti headset, kacamata, serta Alat joy stick / Sarung pengontrolnya.

Dalam perkembangannya Virtual Reality sudah diaplikasikan pada banyak fungsi seperti halnya :

1. Game

Saat ini banyak sekali game yang sudah support dengan komponen VR ini. Dengan pemakaian VR ini pengguna akan merasakan permainan semakin nyata dan menantang. Penggunaan VR ini pengguna akan menggerakkan seluruh tubuhnya ketika bermain yang akan memberikan kesan yang real.

2. Visualisasi data

Dengan teknologi VR ini mudah untuk membantu visualisasi secara detail seperti data molekuler, data arsitektur, data cuaca dan data produk. Tak dipungkiri juga VR ini dapat digunakan sebagai pameran virtual.

3. Visualisasi dalam bidang medis

Didunia kesehatan VR berfungsi sebagai alat untuk simulasi khususnya dalam pembedahan. Dengan adanya VR membantu tim kesehatan untuk melatih keahlian bedah agar meminimalisir resiko kesalahan dalam bedah. Diharapkan dengan adanya alat VR ini lahir tenaga medis yang mumpuni dalam bidang bedah.

4. Transportasi

Teknologi VR membuat simulasi dalam berkendara semakin aman dari resiko. Saat ini di beberapa negara sudah banyak diaplikasikan untuk pengujian mendapatkan surat berlisensi dalam mengendarai, yang biasa kita kenal bila di Indonesia dengan SIM (Surat Ijin Mengemudi). Ada juga untuk simulasikan menerbangkan pesawat terbang dibuat semirip mungkin keadaan dan kondisinya dalam latihannya.

Baca Juga :  3 Jenis Teknologi Mobil Listrik di Indonesia

5. Penelitian ke Luar Angkasa

Pada penggunaannya VR juga dikembangkan untuk melakukan penelitian ke luar angkasa dengan menghubungkan perangkat VR dan robot. Dengan demikian akan memudahkan dan meminimalisir budget untuk melakukan penelitian ke luar angkasa.

6. Militer

Dibidang militer ini digunakan untuk berperang, menembak, mengintai musuh dll. Dilengkapi pengendali jarak jauh, VR membantu memberikan informasi secara aktual tanpa harus beresiko dalam bertempur.

MGID

About the Author: admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *