Teknologi Raya

Portal Teknologi Terkini

Teknologi Operasi Persalinan ERACS, 24 Jam Langsung Boleh Pulang!!

Ibu hamil ketika akan menghadapi persalinan tentulah cemas. Belum lagi harus memikirkan segala hal sebelum melangsungkan persalinan untuk buah hatinya seperti persiapan baju bayi, peralatan bayi, rencana lahiran di tempat mana, dan keinginan melahirkan dengan metode apa. Pastilah akan membuat stres ibu akan semua persiapan hal tersebut. Teknologi Raya akan merekomendasikan salah satu metode persalinan yang modern, tentunya dengan meminimalisir rasa sakit nyeri dan mempercepat dalam pemulihannya. Metode persalinan tersebut adalah ERACS.

 

Apa itu Metode Persalinan ERACS?

ERACS (Enhanced Recovery After Caesarean Surgery) merupakan teknik operasi yang telah dikembangkan agar dicapainya percepatan perawatan dan kesembuhan setelah menjalani persalinan. Metode persalinan dengan ERACS memungkinkan ibu pasca lahiran dapat beraktivitas normal maksimal 24 jam setelahnya.

 

Dengan Detail Proses Penyembuhan Sebagai Berikut:

a. Pasca 2 Jam setelahnya ibu bisa duduk

b. Pasca 6 Jam setelahnya lepas Kateter sehingga dapat Buang Air Kecil secara normal

c. Pasca 10 Jam setelahnya ibu sudah bisa aktivitas seperti berjalan

 

Efektifitas dari ERACS ini terbukti aman secara medis bagi ibu dan bayi. Sebab menggunakan obat anti nyeri yang sangat cepat kerjanya dalam meringankan rasa nyeri. Walaupun sebenarnya setiap operasi itu memang sakit nyeri.

 

Ada beberapa keunggulan Metode ERACS ini bila dibandingkan dengan metode Caesar biasa, seperti halnya sebagai berikut :

 

Meminimalisir Rasa Mual

Setelah operasi ibu akan dibuat nyaman dengan penggunaan kolaborasi atara terapi cairan infus dan obat anti mual. Berbeda dengan operasi Caesar biasa yang akan timbul rasa mual akibat dampak dari obat biusnya.

 

Cepatnya Pemulihan dan Penyembuhan

Dengan metode ERACS ini ibu akan lebih cepat penyembuhannya sehingga akan memudahkan cepat bebas bergerak. Pasca operasi ERACS ibu tidak perlu waktu yang lama dalam hal makan dan minum.

 

Minimnya Rasa Nyeri

Pada ERACS ini ibu akan diberikan pereda nyeri Tylenol dan ibuprofen maupun obat antiinflamasinonsteroid. Pemberian ini dilakukan oleh tim dokter melalui cairan infus dan oral. Jenis yang digunakan pasti akan berbeda dengan operasi Caesar dan persalinan secara normal. Ini akan menguntungkan ibu untuk segera pulih seperti semula.

 

Metode ERACS ini tidak semua rumah sakit dapat menerapkannya, karena teknik ini membutuhkan tim medis yang berkompeten dan alat serta obat penunjang untuk kelacaran operasi. Harganya relative lebih mahal jika dibanding dengan operasi Caesar. Biasanya harga yang ditawarkan untuk metode ERACS ini bisa mencapai 3 kali hingga 4 kali dari biaya operasi Caesar.