Teknologi Raya

Portal Teknologi Terkini

Kenali Model Sepatu Olahraga Berdasarkan Jenisnya!

TEKNOLOGI RAYA – Bagi atlet pro, memilih sepatu olahraga yang tepat memang gampang-gampang susah. Terkecuali bagi pemula, terkadang dengan banyaknya jenis sepatu olahraga di pasaran memang dapat membuat pusing kepala – pemula pasti akan bertanya, harus memilih sepatu olahraga yang mana? Banyaknya jenis sepatu olahraga memang berbanding lurus dengan banyaknya jenis olahraga yang ada di dunia. Sepatu sepakbola tentunya sangat berbeda desainnya dengan sepatu basket, jadi Anda harus aware mengenai karakteristik dari masing-masing jenis sepatu olahraga tertentu. Kali ini kami akan memandu Anda mengenal beberapa model sepatu olahraga berdasarkan jenisnya. Semoga setelah membaca artikel ini, Anda dapat lebih mudah menemukan sepatu olahraga yang tepat.

 

1. Running Shoes

Model sepatu olahraga yang pertama yaitu running shoes atau sepatu lari. Sepatu lari ini memiliki banyak varian yang menyesuaikan dengan kebutuhan lari tertentu seperti lari jarak pendek atau maraton. Banyak pihak mengklaim bahwa running shoes yang berkualitas yaitu yang memiliki busa pada bagian bawah sepatu. Namun beberapa pihak mengklaim running shoes yang terlalu banyak menggunakan busa hanya membatasi pergerakan kaki. Jika Anda memilih running shoes yang memiliki busa, maka pastikan busa tersebut benar-benar dapat menyerap getaran dan juga memiliki hak sepatu yang stabil. Bagi Anda yang gemar lari, maka sepatu lari yang memiliki busa merupakan pilihan yang cocok.

 

2. Walking Shoes

Model sepatu olahraga lainya yaitu walking shoes atau sepatu yang didesain untuk keperluan jalan kaki. Walking shoes ini sangat cocok bagi Anda yang mencintai aktivitas jogging ataupun memang karena memiliki masalah pada bagian kaki namun masih tetap ingin berolahraga. Berbeda dengan running shoes, model sepatu olahraga satu ini biasanya memiliki berat lebih ringan. Untuk fitur ‘sock absorption’ biasanya terletak pada bagian hak dan bagian alas dari sepatu.

 

3. Aerobic Shoes

Model sepatu olahraga lainnya yang mesti Anda ketahui yaitu aerobic shoes atau sepatu yang didesain untuk keperluan senam. Biasanya aerobic shoes ini didesain sangat ringan yang difungsikan agar kaki tidak cepat lelah. Selain itu terdapat fitur shock absorption pada bagian tapak kaki bagian belakang. Sepatu olahraga yang digunakan untuk olahraga senam ini lebih cocok digunakan para area karpet atau lantai.

 

4. Tennis Shoes

Selanjutnya, model sepatu olahraga berdasarkan jenisnya yaitu tennis shoes atau sepatu tenis. Sepatu tenis didesain untuk pergerakan kaki yang cepat dengan jarak yang sangat rapat. Nah sepatu tenis ini biasanya sangat stabil, baik pada area luar maupun area dalam sepatu. Selain itu area tapak kaki dibuat sangat fleksibel, sehingga pemain bisa bereaksi dengan cepat saat ada bola yang datang. Berbeda dengan model sepatu olahraga diatas, sepatu tenis biasanya tidak terlalu menyerap getaran dan dibuat dengan porsi busa yang seimbang.

 

5. Basketball Shoes

Sesuai namanya, basketball shoes didesain untuk keperluan olahraga basket. Sepatu basket didesain untuk pergerakan kaki yang cepat dan juga lompatan. Biasanya sepatu basket memiliki lapisan tapak kaki yang tebal dan juga rapat, sehingga pemain bisa berlari dan melompat dengan mudah.

 

6. Cross Trainers

Cross trainers merupakan sepatu olahraga yang dapat dipakai untuk berbagai jenis olahraga. Pada sepatu jenis ini bisa digunakan untuk aktivitas didalam gym ataupun untuk keperluan lari. Model sepatu olahraga satu ini memiliki kombinasi dari fitur-fitur yang telah dibahas pada model sepatu olahraga sebelumnya. Cross trainers ini biasanya digunakan oleh para pelatih yang harus sigap untuk berbagai kebutuhan fisik.

 

Tips Memilih Sepatu Olahraga yang Tepat

Nah setelah Anda mengetahui beberapa model sepatu olahraga berdasarkan jenisnya, sekarang saatnya Anda mengetahui beberapa tips memilih sepatu olahraga dibawah ini:

  • Sebaiknya beli sepatu olahraga pada toko yang khusus menjual sepatu olahraga. Pihak toko akan memberikan review lengkap mengenai produk sepatu olahraga yang Anda inginkan.
  • Jika aktivitas olahraga Anda dilakukan selama 3-6 kali dalam seminggu, maka Anda benar-benar membutuhkan sepatu olahraga khusus.

 

Nah itulah beberapa model sepatu olahraga berdasarkan jenisnya. Pastikan Anda mengetahui model sepatu mana yang cocok dengan aktivitas olahraga yang Anda tekuni.