Teknologi Raya

Portal Teknologi Terkini

Langkah Mudah Pilih Mobil Keluarga Agar Tak Kebingungan

 

Mempunyai mobil keluarga tentu menjadi impian serta dambaan bagi setiap orang. mobil keluarga sekarang ini memang masih mendominasi pilihan masyarakat Indonesia. kapasitas jumlah penumpang yang besar menjadi alasan mengapa banyak orang lebih memilih mobil ini.

Begitu banyaknya pilihan jenis, merek serta ukuran mobil yang berada di pasaran, membuat konsumen mempunyai pilihan yang lebih banyak. Bahkan, karena begitu banyaknya, konsumen menjadi kesulitan memilih mana mobil yang sesuai kebutuhan.

Tips Pilih Mobil Keluarga Agar Tidak Bingung

Melakukan pembelian mobil keluarga untuk pertama kali, memang bukan menjadi hal yang mudah. tidak hanya DP mobil yang harus dijadikan sebagai pertimbangan. Berikut sejumlah tips yang dapat Anda lakukan untuk memilih mobil yang tepat, antara lain:

1.     Hitung Jumlah Penumpang

Jumlah tempat duduk penumpang menjadi pertimbangan utama ketika akan memilih mobil keluarga. Mobil harus dapat menampung seluruh anggota keluarga. Selain itu tempat duduk tambahan juga menjadi bahan pertimbangan lainnya.

Sebagai pedoman, mobil yang memiliki 4 tempat duduk, cocok untuk keluarga dengan 2 anak, sedangkan mobil dengan 7 tempat duduk, cocok untuk keluarga serta lebih banyak anak.

 

2.     Kapasitas Mesin Mobil

Hal lain yang juga harus anda jadikan sebagai bahan pertimbangan adalah kapasitas mesin mobil. Kapasitas mesin mobil umumnya ternyatakan dengan besaran volume. Contohnya seperti 1300 cc.

Jika semakin besar kapasitas mesin, akan semakin besar juga tenaga yang dimiliki. Jika ingin mobil yang bagus, kemampuan berlari kencang juga harus dimiliki, sehingga penggunaannya bisa lebih maksimal. Namun, harga mobil tersebut tentu juga tidak murah.

 

3.     Sistem Transmisi

Umumnya, terdapat 2 jenis sistem transmisi mobil yakni otomatis dan manual. Untuk transmisi otomatis, harganya memang sedikit lebih mahal, tetapi mobil ini lebih mudah anda kemudikan.

Sedangkan, mobil dengan transmisi manual, lebih mudah merawatnya, tetapi Anda harus belajar dengan tekun untuk mengemudikannya. Ketika ingin memilih salah satu diantaranya, sesuaikan dengan kebutuhan yang Anda miliki.

 

4.     Konsumsi Bahan Bakar

Salah satu pos pengeluaran utama di dalam anggaran biaya adalah konsumsi bahan bakar. Untuk menekan biaya ini, Anda dapat mengetahui berapa kilometer jarak tempuh optimal di setiap kilometer penggunaan bahan bakar.

Jika semakin jauh jarak tempuh mobil per liter yang terkonsumsi, akan semakin irit pula mobil tersebut, sehingga setelah mengetahuinya Anda akan lebih mudah mengendalikan biaya yang diperlukan untuk kebutuhan bahan bakar.

 

5.     Perhatikan Nilai Jual Mobil

Jangan salah, meskipun mobil memiliki harga yang hampir sama, tetapi mungkin keduanya memiliki harga jual bekas yang berbeda. Hal tersebut disebabkan karena tingkat permintaan pasar.

Mobil yang memiliki banyak peminat mempunyai harga jual kembali yang tinggi. Oleh sebab itu, saat memilih sebuah mobil, pertimbangkan nilai jualnya lagi.

 

6.     Sesuaikan dengan Finansial

Setiap orang tentu ingin memiliki mobil keluarga yang ideal dan tepat. pilih mobil sesuai dengan kemampuan finansial yang Anda miliki sekarang ini. Agar lebih mudah melakukan pembelian, SEVA dapat dijadikan sebagai pilihan.

Memiliki fitur Instant Approval, Anda akan memperoleh layanan konsultasi finansial, sehingga Anda dapat melakukan pembelian mobil secara kredit dengan lebih mudah serta proses yang jelas.

 

Nantinya, pada fitur ini, Anda akan mendapat rekomendasi pembiayaan mobil baru yang dapat Anda pilih sesuai kemampuan finansial. Anda dapat memilih tenor sampai 6 tahun serta DP mulai 15% sampai 30%.

Memang, ada begitu banyak pilihan mobil keluarga yang bisa anda jadikan sebagai referensi. Namun, pastikan untuk selalu menyesuaikannya dengan kondisi keuangan yang Anda miliki.