Teknologi Raya

Portal Teknologi Terkini

Mitos dan Fakta Menstruasi Adalah Hal yang Wajib Wanita Ketahui

Menstruasi adalah

 

Menstruasi adalah siklus dalam tubuh wanita yang tidak lepas dari adanya mitos di lingkungan masyarakat. Sudah lama, mitos maupun fakta mengenai menstruasi beredar di kalangan wanita dan turun temurun.

Mitos dan fakta ini memang sudah tidak asing di telinga wanita Indonesia. Bahkan, informasi seperti ini tersampaikan dari generasi ke generasi. Sampai saat ini, masih banyak wanita yang percaya mitos-mitos tersebut. Padahal, tidak semua informasi mengenai menstruasi benar adanya.

Nah, berikut ini beberapa mitos yang masih beredar di masyarakat. Apa sajakah itu? Simak penjelasannya sampai akhir, ya!

Tidak Boleh Keramas

Tidak sedikit orang yang melarang wanita yang sedang menstruasi melakukan keramas. Menurut mereka keramas bisa menyebabkan pembuluh darah tersumbat ketika menstruasi.

Tentunya, informasi ini sangat tidak benar. Hal ini karena sampai saat ini tidak ada satu pun penelitian yang bisa membuktikan kegiatan keramas berbahaya bagi kesehatan saat menstruasi.

Sebaliknya, keramas dengan menggunakan air hangat bisa melemaskan otot tubuh dan meringankan sakit kepala ketika menstruasi, lho. Biasanya, pada hari-hari awal menstruasi, wanita akan mengalami penuruan hormon estrogen atau pelepasan hormon prostaglandin.

Tidak Boleh Berolahraga

Mungkin kamu pernah mendengar bahwa wanita yang sedang menstruasi tidak boleh olahraga. Hal ini ternyata hanya mitos, lho. Justru, olahraga ringan mampu membantu meringankan nyeri atau kram pada perut saat menstruasi.

Ketika kamu menstruasi, lebih baik lakukan variasi olahraga ringan. Beberapa olahraga yang bisa kamu praktikan seperti pilates, yoga, atau jalan santai di dalam rumah.

Larangan Minum Air Dingin

Tidak hanya olahraga, wanita haid juga tidak boleh mengonsumsi minuman yang bersuhu dingin. Katanya, minuman dingin bisa menyebabkan darah menstruasi membeku dan siklus menstruasi menjadi tidak lancar.

Faktanya, minum air dingin tidak memiliki hubungan dengan siklus atau darah menstruasi, lho! Perbanyak minum air putih baik dalam keadaan panas maupun dingin justru dapat menghindarkan tubuh dari dehidrasi ketika menstruasi, ya!

Bahkan, rutin mengonsumsi air putih juga bisa membantu meringankan sakit pada kepala dan nyeri pada otot perut. Banyak manfaatnya, bukan?

Mengonsumsi Minuman Bersoda Membuat Menstruasi Lancar

Tidak sama dengan mitos seputar minum air putih dingin. Justru banyak yang mengajurkan mengonsumsi minuman dengan kandungan soda. Mereka beranggapan bahwa soda bisa membantu menstruasi lebih lancar. Tentunya, hal ini belum dapat terbukti kebenarannya.

Akan tetapi, lebih baik kamu menghindari mengonsumsi minuman dengan kandungan soda ketika menstruasi. Hal ini karena soda memiliki kandungan kafein dan gula yang tinggi. Gula yang masuknya secara berlebihan bisa menyebabkan mood buruk saat menstruasi, lho!

Tidak hanya itu, kafein juga bisa menyebabkan masalah pencernaan seperti perut kembung dan diare ketika menstruasi.

Sebenarnya, masih banyak mitos dan fakta mengenai menstruasi yang ada di masyarakat. Nah, sebelum kamu percaya, lebih baik kamu memastikan dulu kebenarannya dengan mencari informasi dari sumber terpercaya atau dokter.

Ketika menstruasi, agar kamu tetap sehat dan nyaman, sebaiknya selalu jaga kebersihan tubuh, berolahraga secara rutin, serta mengonsumsi makanan dan minuman bergizi.

Jika kamu masih bingung dengan beberapa mitos maupun fakta lainnya seputar menstruasi. Jangan pernah ragu untuk konsultasi dengan ahlinya guna memperoleh penjelasan lebih lengkap, ya!

Kamu ingin tahu lebih banyak mengenai menstruasi? Yuk, baca seluruh artikel menariknya hanya di CHARM GIRL`S TALK. Kunjungi www.charmgirlstalk.com dan temukan banyak informasi seputar cewek lainnya. Semoga bermanfaat!