Teknologi Raya

Portal Teknologi Terkini

5 Tips Mudah Menjaga Ruang Apartemen Selalu Bersih dan Rapi

Tak ada satupun orang yang ingin disebut ‘urakan’ atau ‘jorok’, khususnya terkait kebersihan apartemen. Namun sekeras apapun usaha kamu menjaga kebersihan apartemen, tetap saja ada faktor-faktor yang membuat apartemen terlihat tidak rapi dan kotor. Misalnya, tiba-tiba kamu kedatangan teman-temanmu yang kebetulan ingin berteduh sebentar dari derasnya hujan. Alhasil, teman-temanmu membawa pakaian basah dan lumayan kotor. Belum lagi, mereka akhirnya menggunakan berbagai peralatan di apartemenmu sehingga ruangan terlihat berantakan.

Selain momen spontan seperti diatas, banyak hal lain yang membuat apartemen menjadi kotor dan tidak rapi. Nah tenang saja, 5 tips mudah menjaga ruang apartemen selalu bersih dan rapi berikut ini bisa menjawab segala kegelisahanmu.

 

1.Lakukan Bersih-bersih Ringan Setiap Hari

Agar apartemen selalu terlihat rapidan bersih, sebaiknya lakukan bersih-bersih ringan setiap hari. Ya betul sekali, tak perlu melakukan semuanya sekaligus, kamu cukup melakukan pekerjaan ringan atau satu pekerjaan, setiap hari. Misalnya, dalam satu hari, kamu hanya mengumpulkan sampah dan membuangnya, membersihkan dapur atau kamar mandi, atau melakukan vacuum cleaning.

 

Dengan metode ini, kamu bisa terhindar dari pekerjaan yang terlalu menumpuk yang justru malah membuat kamu lebih malas mengerjakannya. Kamu bisa menggunakan smartphone atau buku jurnal untuk membuat daftar pekerjaan harian agar apartmen selalu bersih dan rapi.

 

2. Buang yang Tidak Diperlukan

Terkadang, ketidakrapian muncul bukan karena kamu atau tamu yang melakukannya, melainkan banyaknya barang-barang yang sebenarnya tidak terlalu diperlukan. Ya betul sekali, jika kamu ingin apartemenmu selalu terlihat rapi, maka jangan terlalu sentimental terhadap barang-barang yang kamu miliki. Jika kamu pikir barang tersebut tidak terlalu dibutuhkan, maka jangan ragu untuk membuangnya.

 

Mulailah inspeksi dari lemari pakaian, lalu ke lemari penyimpanan, lalu ke tempat-tempat lain dimana barang-barangmu berada. Sebenarnya kamu tak perlu membuang barang-barang bekas tersebut, kamu bisa menjualnya atau mendonasikannya. Yang paling penting, apartemenmu tidak terlihat terlalu ringkih.

 

3. Besihkan dan Rapikan Tempat Tidur Setiap Hari

Kebanyakan penyewa atau pengguna apartemen tidak terlalu peduli dengan kebersihan dan kerapian tempat tidur. Alhasil, tempat tidur terasa tidak higienis dan terlihat ‘urakan’. Jika kamu peduli dengan kesehatan fisik dan mental kamu, sebaiknya kamu bersihkan dan rapikan tempat tidur setiap hari. Ya, sebenarnya membersihkan dan merapikan tempat tidur tidak terlalu memakan waktu dan tenaga. Kamu bisa mulai dari selimut, bantal, hingga headboard. Gunakan kemoceng atau lap, dan jangan lupa untuk melakukan vacuum cleaning. Jika kamu melakukannya setiap hari, dipastikan tidurmu jadi sangat nyenyak dan kamu bisa menjaga mood kamu tetap dalam keadaan baik.

 

4. Tempatkan Barang yang Berkualitas dan Benar-benar Cocok

Jika kamu menempatkan barang-barang yang tidak berkualitas, maka kemungkinan besar apartemenmu jadi terlihat berantakan. Mengapa? Karena barang low-quality sangat gampang rusak dan kamu ‘pun akan membiarkannya karena kamu tak punya waktu untuk mengganti atau membuangnya. Barang yang berkualitas tinggi selain awet juga sangat fungsional dan enak dilihat.

 

Karena kamu tinggal di apartemen, sebaiknya kamu ‘pun menerapkan prinsip ‘less is more’. Jadi hanya tempatkan barang-barang yang benar-benar kamu butuhkan sekaligus fungsional dan estetis. Dengan tidak terlalu banyak barang, kamu ‘pun jadi lebih mudah membersihkan dan merapikannya.

 

5. Buat Tempat Penyimpanan Khusus

Sudah berapa kali kamu kesulitan menemukan smartphone atau kunci di apartemenmu? Jika terlalu sering, mungkin karena kamu tidak menempatkan hot spot atau tempat penyimpanan khusus untuk item-item tersebut. Kamu bisa menempatkan rak gantung disamping tempat tidur, kotak kecil disamping lampu tidur, atau kreasi-kreasi lain sehingga kamu bisa menyimpan barang-barang berukuran kecil. Tak hanya berguna untuk menyimpan barang, metode ini juga berguna agar apartemen selalu terlihat rapi.

 

Jika kamu sangat mencintai apartemenmu, maka sebaiknya segera terapkan beberapa tips mudah menjaga ruang apartemen selalu bersih dan rapi diatas. Jika apartemenmu selalu bersih dan rapi, maka hidupmu ‘pun jadi jauh lebih bermakna. Kamu jadi tak malu lagi mengajak pacar, teman, atau keluarga untuk berkunjung ke apartemen milikmu.