Inilah Beberapa Faktor yang Dapat Memicu Mimisan

faktor yang memicu mimisan

Hai Sobat Teknologi Raya! Mimisan atau epistaksis adalah kondisi ketika terjadi perdarahan dari hidung. Dilansir dari website Ayo Puan, biasanya mimisan terjadi pada bagian depan hidung karena adanya pembuluh darah yang pecah. Meskipun tidak mengancam jiwa, mimisan dapat menimbulkan kekhawatiran dan ketidaknyamanan bagi penderitanya. Lalu, apa penyebab mimisan? Berikut adalah beberapa faktor yang dapat memicu mimisan:

1. Udara Kering

Udara yang kering dapat mengiritasi rongga hidung dan membuat pembuluh darah pada rongga hidung menjadi lebih rapuh. Akibatnya, saat seseorang menggaruk hidung atau bersin, pembuluh darah dapat pecah dan menyebabkan mimisan.

2. Cidera pada Hidung atau Wajah

Cidera pada hidung atau wajah juga dapat menyebabkan mimisan. Misalnya, jika seseorang terkena pukulan pada hidung atau wajah, maka pembuluh darah di dalam hidung dapat pecah dan menyebabkan mimisan.

3. Obat-obatan tertentu

Beberapa obat-obatan tertentu, seperti aspirin dan obat antikoagulan, dapat membuat pembekuan darah menjadi lebih lambat dan memicu terjadinya mimisan. Oleh karena itu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter jika mengonsumsi obat-obatan tertentu dan mengalami mimisan.

4. Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi dapat membuat pembuluh darah pada rongga hidung menjadi lebih rapuh dan rentan terhadap pecah. Oleh karena itu, orang yang menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi perlu memantau tekanan darahnya secara rutin.

5. Stres atau Kecemasan

Stres atau kecemasan dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah dan menyebabkan pembuluh darah pada rongga hidung pecah. Oleh karena itu, penting untuk mengelola stres dan kecemasan dengan baik.

6. Infeksi Saluran Pernapasan Atas

Infeksi pada saluran pernapasan atas dapat membuat hidung menjadi lebih sensitif dan mudah iritasi. Hal ini dapat memicu mimisan pada beberapa kasus.

Baca Juga :  Inilah Cara Mengatasi Mual dan Muntah: Panduan Lengkap

7. Kebiasaan Merokok

Merokok dapat membuat rongga hidung menjadi lebih kering dan menyebabkan iritasi pada saluran pernapasan. Hal ini dapat memicu terjadinya mimisan pada beberapa kasus.

8. Gangguan Pada Pembuluh Darah

Gangguan pada pembuluh darah pada rongga hidung dapat menyebabkan mimisan. Beberapa gangguan tersebut meliputi pembuluh darah yang melebar (arteriovenous malformation) atau pembuluh darah yang membesar di dalam hidung (nasal polyps).

Nah, itulah beberapa penyebab mimisan yang perlu diketahui. Meskipun sebagian besar kasus mimisan tidak serius, namun jika mimisan berlangsung terus-menerus atau berulang kali, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Selain itu, terdapat beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya mimisan, seperti menjaga kelembapan udara, menghindari kebiasaan merokok, dan menghindari menggaruk hidung dengan terlalu keras.

Kesimpulan

Dilansir dari website Fakta Saja, mimisan adalah kondisi umum yang dapat terjadi pada siapa saja. Beberapa faktor seperti udara kering, cidera pada hidung atau wajah, obat-obatan tertentu, tekanan darah tinggi, stres atau kecemasan, infeksi saluran pernapasan atas, kebiasaan merokok, dan gangguan pada pembuluh darah dapat memicu terjadinya mimisan. Untuk mencegah terjadinya mimisan, sebaiknya menjaga kelembapan udara, menghindari kebiasaan merokok, dan menghindari menggaruk hidung dengan terlalu keras. Jika mimisan berlangsung terus-menerus atau berulang kali, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

MGID

About the Author: admin 2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *